Menulis Aksara Jawa di Komputer

Juni 17, 2007 at 10:18 pm 7 komentar

Budi pekerti seseorang atau suatu bangsa (jawa) akan terlihat melalui bahasa yang dituturkannya. Tapi, kenapa kemudian bahasa jawa menjadi kurang populer di kalangan masyarakat jawa itu sendiri, bukanlah suatu alasan untuk melupakan apalagi membuang budayanya sendiri. Kita seharusnya malu pada diri sendiri (khususnya sebagai masyarakat jawa asli), karena kita malah kalah dengan orang asing yang dengan giat dan secara sukarela dalam mempelajari budaya jawa. Mungkin di suatu saat nanti, malah kita yang belajar kebudayaan jawa (menari, menulis huruf jawa, memainkan gamelan, dsb) dengan orang asing itu. Coba bayangkan betapa malunya kita….
Hal ini mungkin bukanlah seratus persen kesalahan masyarakat jawa. Terbatasnya sarana pembelajaran dan pendidikan bahasa jawa, terutama aksara jawa ikut berperan terhadap berkurangnya minat generasi muda untuk memakai dan melestarikan budaya jawa. Namun, sejak kurikulum 2004 diterapkan dan pemerintah membuka kembali jurusan Bahasa Jawa dan mewajibkan siswa untuk mempelajari bahasa jawa dari tingkat SD sampai SMA. Yang berdamapak pada banyaknya lowongan untuk guru Bahasa Jawa. Sehingga dapat menarik dan meningkatkan kembali minat masyarakat, terutama remaja yang dalam hal ini adalah tulang punggung penerus bangsa kita, untuk memakai dan melestarikan budaya jawa dengan mereka kuliah di jurusan Bahasa Jawa.
Selain pemerintah, para pakar teknologi pun juga ikut andil dalam mengembangkan budaya jawa dengan membuat software berbentuk font aksara jawa, yang dapat diaplikasikan melalui komputer. Sehingga kita dapat dengan mudah menulis aksara jawa di komputer dan membuat print out-nya. Bagi kalian (terutama mahasiswa Bahasa Jawa), yang ingin komputernya dapat menulis aksara jawa, software font-nya dapat didownload di sini. Di sana terdapat software sekaligus tutorialnya untuk mempermudah dalam mempergunakannya.

About these ads

Entry filed under: Bahasa, Tips. Tags: .

Unforgiven II Vs Dia & Aku Once Akhirnya Kangen Juga

7 Komentar Add your own

  • 1. Agung  |  Agustus 19, 2007 pukul 12:20 pm

    Sebagian besar orang jawa untuk berkomunikasi berbahasa jawa saja kurang bisa menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar apalagi untuk menulis. Secara tulisan latin juga belum tentu bisa menulis secara baku karena saya sendiri sebagai orang jawa kadang kesulitan menyampaikan pesan secara tertulis dalam bahasa jawa (tulisan latin), apalagi tulisan tersebut dalam aksara jawa…

    Balas
  • 2. lion on the table/ Singodimeja  |  November 23, 2007 pukul 11:04 am

    moga – moga bguna bg pelestarian budaya aset bangsa

    Balas
  • 3. Daryono  |  September 15, 2008 pukul 8:18 am

    Memang orang jawa sudah kehilangan jawanya, banyak generasi muda yang telah meninggalkan adat/budaya jawa yang diwarisi oleh nenek moyangnya khususnya didalam berbahasa, bersopan santun dalam kehidupan sehari-hari baik didalam keluarga, bemasyarakat dan bernegara, mereka berkiblat budaya barat yang dianggap lebih modern, padahal tidak begitu.

    Balas
  • 4. Sumantri  |  Februari 27, 2009 pukul 11:59 am

    Untuk nguri-nguri budaya jawi

    Balas
  • 5. aksara jawa « simply me  |  April 11, 2009 pukul 9:43 pm

    [...] bahasa jawa” and  “aksara jawa” in google. My mouse move over a link to a blog which took me to a great site. The Official Site of Aksara Jawa. I am javanese. Native, and still [...]

    Balas
  • 6. yon ade  |  Oktober 20, 2009 pukul 12:12 pm

    makasih artikelnya menarik

    Balas
  • 7. Bambang Theo  |  Februari 28, 2012 pukul 6:34 pm

    Menawi bade pados piranti lunak -ipun wonten pundi kulo saged pikantuk nggih ndoro. Kula tiyang Jawi campuran Jepang ngaturaken panuwun mbokmenawi wonten para kanca ingkang saged asung tetulung.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Tulisan Terbaru

Top Clicks

  • Tidak ada

Blog Stats

  • 4,365 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: